Malingping Sebagai Pusat Pertumbuhan

Standard
malingping kecamatan

malingping kecamatan

Kedelapan wilayah tersebut adalah Kasemen (Kota Serang), Waringin Kurung (Kabupaten Serang), Malingping (Kabupaten Lebak), Panimbang (Kabupaten Pandeglang), Sepatan (Kabupaten Tangerang), Cipondoh (Kota Tangerang), Ciputat (Kota Tangerang Selatan), dan Kecamatan Cilegon (Kota Cilegon).
Kasubid Perencanaan Program Pembangunan Bappeda Provinsi Banten Babar Suharso menjelaskan, penetapan delapan kecamatan menjadi kawasan pusat pertumbuhan tersebut dengan mempertimbangkan beberapa aspek yakni, aspek tata ruang, aspek ekonomi, aspek infrastruktur, serta aspek dukungan kabupaten/kota delapan kecamatan tersebut. “Untuk pertimbangan aspek RTRW, pembentukan kawasan pusat pertumbuhan ini sudah kita sesuaikan dengan RTRW dan RPJP Provinsi Banten,” kata Babar, Kamis (10/12).
Sementara itu, untuk pertimbangan aspek ekonomi, Bappeda melihat di delapan kecamatan tersebut memiliki potensi ekonomi lokal yang bisa dikembangkan.

“Sementara pertimbangan aspek infrastruktur kita melihat di delapan kecamatan tersebut memiliki infrastruktur pendukung yang dapat memicu pertumbuhan potensi ekonomi lokal yang dimiliki masing-masing kecamatan tersebut. Contohnya Kecamatan Kasemen dengan pelabuhan rakyatnya,” terang Babar.
Menurut Babar, selain mempertimbangkan sejumlah aspek, penetapan kawasan pusat pertumbuhan juga melalui pengkajian dan penelitian yang telah dilakukan Bappeda pada 2008 lalu.
“Kita harapkan penetapan ke delapan kecamatan ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan pembentukan kawasan pusat pertumbuhan yakni, mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama di daerah tertinggal,” terang Babar.
Ditanya mengenai modal investasi terkait pengembangan ekonomi di delapan kawasan pusat pertumbuhan tersebut, Babar menyebutkan akan disinergikan antara pusat, pemprov, kabupaten/kota setempat, dan pihak swasta.
“Karena tujuannya mempercepat pertumbuhan ekonomi, maka permodalan akan kita upayakan sinergi dengan pusat, pemprov, kabupaten/kota dan pihak swasta,” katanya.
Disinggung mengenai potensi ekonomi lokal yang dapat dikembangkan di delapan kecamatan tersebut, Babar menyebutkan, untuk Kecamatan Kasemen pariwisata dan perikanan, Waringin Kurung, Malingping dan Sepatan sektor pertanian, Panimbang sektor perikanan, Cipondoh dan Ciputat pengembangan budidaya tanaman hias dan ikan hias. Sedangkan Kecamatan Cilegon sektor pertanian dan pariwisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s