Puting Beliung Landa Kecamatan Malingping

Standard

Malingping. Hujan deras disertai angin puting beliung, Kamis (11/2), sekitar pukul 15.00 WIB, menghantam Kampung Beyeh Sukajadi, Desa Rahong, Kecamatan Malingping. Akibat musibah tersebut, empat unit rumah semi permanen milik Isah (40), Cecep (35), Jajang (40), serta milik Roheni (36), serta pondok pesantren Darul Falah milik KH Badrudin mengalami rusak berat. Sedangkan delapan unit rumah lainnya hingga tadi malam masih diidentifikasi pemiliknya. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami seluruh pemilik rumah diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
Berdasarkan informasi yang diterima Radar Banten dari Ahmad Matin, salah seorang warga setempat mengungkapkan, beberapa menit sebelum peristiwa tersebut terjadi, hujan deras melanda desanya. Namun tidak lama kemudian, angin yang disertai suara gemuruh dengan tiupan yang sangat kencang menerpa permukiman penduduk. “Untungnya warga langsung tersadar dan berhamburan menyelamatkan diri. Sehingga, ketika empat rumah atapnya roboh, tidak satupun penghuninya menjadi korban,” ungkap Matin.
Namun demikian karena kejadian itu sangat menakutkan, hingga pukul 18.30 WIB warga di kampung tersebut belum berani kembali ke rumah masing-masing. “Baru setelah mendapatkan imbauan dari aparat kecamatan dan aparat Polsek Malingping warga berani kembali ke rumahnya,” ungkapnya lagi.
Sementara itu, Ujang Iskandar, warga Malingping, mengatakan, karena hingga sore kemarin masih turun hujan, aparat dari Kecamatan Malingping dan aparat Desa Rahong masih kesulitan mendata puluhan rumah yang mengalami rusak ringan.
“Kondisi cuaca hingga malam kurang memungkinkan pak! Makanya aparat desa dan aparat kecamatan masih belum mampu terjun langsung untuk mendata rumah-rumah yang rusak ringan,” ungkap Ujang.
Kapolsek Malingping AKP Suhendro yang dihubungi membenarkan bila wilayah Kampung Beyeh Sukajadi terjadi bencana angin puting beliung. Menurutnya, seluruh anggota telah diterjunkan ke lapangan untuk membantu warga yang rumahnya mengalami kerusakan.
“Mungkin hingga hari Jumat (hari ini-red), kami terus menerjunkan anggota secara bergantian ke lokasi kejadian,” kata Suhendro.(day)|radar Banten|

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s