PNS Cilegon Dituntut Netral

Standard

CILEGON – Menyoroti indikasi ketidaknetralan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jelang pemilihan kepala daerah di Kota Cilegon, belasan aktivis Himpunan Mahasiswa Ciwandan (Himaci) berunjuk rasa di depan kantor Pemkot Cilegon, Jum’at (9/4).

Demo yang dimulai sekira pukul 14.00 tersebut menuntut PNS di lingkungan Pemkot Cilegon netral dalam Pilkada.
Aksi belasan mahasiswa yang mendapat penjagaan dari petugas Pol PP dan Samapta Polres Cilegon itu berjalan damai dan tertib. Sambil membentangkan poster, para mahasiswa melakukan orasi menggunakan pengeras suara. Dalam orasinya, mahasiswa menuntut PNS secara lembaga netral dalam Pilkada Cilegon. Sebab, mereka menengarai, di setiap sosialisasi pembangunan yang dilakukan Pemkot Cilegon, selalu ada pernyataan-pernyataan bernada mendukung pasangan calon tertentu.
“Kegiatan tersebut sebagai bentuk kampanye yang disusupi pada kegiatan pemerintahan. Kami minta tidak ada lagi kegiatan seperti itu. PNS sebagai abdi negara harus netral,” ujar Ketua HIMACI Yomi Mukaromi saat berorasi.
Tuntutan lain yang disampaikan mahasiswa, meminta PNS tidak menjadi tim kampanye pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota manapun. “PNS tidak boleh terlibat politik praktis, apalagi menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampaye. Itu sudah jelas melanggar aturan. Kalau menemukan hal itu, kami akan laporkan,” tegasnya.
Dalam unjuk rasa itu, mahasiswa juga sempat menggelar tearetikal yang menggambarkan bahwa PNS ikut-ikutan menjadi tim kampanye dan mendukung pasangan calon kepala daerah. Dalam tearetikal itu, mahasiswa mengajak masyarakat cerdas dalam memilih pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota periode 2010-2015 mendatang.
Menanggapi tuntutan mahasiswa, Kabag Infokom Pemkot Cilegon mengatakan, selama ini posisi PNS Pemkot Cilegon secara kelembagaan netral. Kalaupun menemui dalam setiap sosialisasi salah satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, itu sebagai kapasitas pribadi. “Secara pribadi kan PNS juga berhak berpolitik. Menentukan pilihannya terhadap pasangan calon,” katanya. (air)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s