Bayi Ditahan RSUD Tangerang

Standard

TANGERANG-Tak mampu bayar persalinan, Lastri Listiani (26) warga miskin asal Desa Situ Gadung, RT 02/04, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, yang baru melahirkan tertahan di RSUD Tangerang. Bayi yang dilahirkannya terpaksa tidak dapat dibawa pulang.
Abu bakar Musa (29), suami Lastri hanya bisa termenung ketika mendengar bayinya tidak bisa dibawa pulang. Saat itu, ia langsung meminta keringanan biaya kepada pihak RSUD.
Ia mengatakan, sang istri yang melahirkan anak kedua diberi nama Zulfikri Hakim dengan proses operasi cesar di ruang Aster Nomor 5 RSUD Tangerang. “Saya tak punya pekerjaan tetap, saya belum sanggup membayar biaya persalinan,” ucapnya.
Menurutnya, total biaya persalinannya sebesar Rp 3,3 juta selama enam hari sejak melahirkan di RSUD milik pemerintah tersebut. Sebelumnya, suaminya telah mengupayakan pengurangan biaya dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan. Namun surat tersebut hanya untuk mengurangi biaya persalinan sebesar Rp 800 ribu. “Ternyata SKTM itu hanya bersifat bantuan sosial untuk mengurangi beberapa persen biaya rumah sakit, bukan untuk membebaskan total biayanya. Jadi sekarang biaya yang harus saya bayar sebesar Rp 2,5 juta,” ungkap Musa, di RSUD, Senin (26/4).
Musa mengaku pernah mengupayakan membuat Jamkesmas. Namun pihak Puskesmas Cisauk menolaknya dengan alasan pendaftaran untuk Jamkesmas baru bisa tahun depan. “Untuk tahun ini Jamkesmas tidak dibuat lagi, jadi baru bisa tahun depan,” ucapnya.
Hingga kini, Musa masih berusaha agar bisa membawa istrinya pulang dari rumah sakit tersebut. Namun hingga kini masih terganjal oleh proses administrasi itu.
Terpisah, Kepala Humas RSUD Tangerang dr Achmad Muchlis membantah jika pihaknya menahan Lastri dan anaknya dengan alasan tidak mampu membayar biaya perawatan. Menurutnya, jika pasien tidak memiliki uang, pihak RSUD bisa membantu pasien dengan syarat harus mempunyai Kartu Mulituguna, Jamkesmas atau SKTM. (mg-07)

Radar Banten.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s