Secara substansial pembentukan Kabupaten Cilangkahan tersirat dalam tujuan otonomi daerah pada UU No.32 tahun 2004 yang meliputi dua tujuan utama yaitu tujuan politik dan tujuan administrasi. Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan
dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pembentukan Cilangkahan ini, bukan kepentingan segelintir elit melainkan mandate dari warga Banten yang ada di Lebak Selatan. Pembentukan Bakor yang bakala mengantarkan Kabupaten Cilangkahan ini, perwujudan dari mandat warga yang ada di 10 kecamatan di Lebak Selatan. Selain itu, pemekaran daerah secara spesifik diatur dalam PP NO.78 TAHUN  2007 tentang tata cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah, sebagai pengganti PP No.129 tahun 2000.

Tujuan politik memposisikan pemerintah daerah sebagai medium pendidikan politik bagi masyarakat di tingkat lokal dan secara gregat akan berkontribusi pada pendidikan politik secara nasional untuk mencapai terwujudnya civil society (masyarakat madani). Tujuan administratif, memposisikan pemerintah daerah unit pemerintahan di tingkat lokal yang berfungsi untuk menyediakan pelayanan secara efektif, efesien, dan ekonomis, (Widjaja, 2007:50-51).

Dampak positif pemekaran Cilangkahan dari aspek ekonomi, tentunya akan memberi manfaat bagi warga, sentra ekonomi yang hanya berdenyut di perkotaan saja, akan turut lahir di Cilangkahan. Tulangpunggung perekonomian warga yang awalnya pada pertanian, karena terbangunnya daerah otonom baru yang bukan tidak mungkin akan mendiversifikasikan pekerjaan warga mulai dari pertanian, industri, hingga jasa. Apalagi daerah Selatan Cilangkahan adalah pantai yang berpasir bersih yang belum dieksplorasi secara baik. Manakala upaya pemekaran dilakukan, maka akan sangat mungkin mempengaruhi aspek ekonomi warga.

Cilangkahan Adalah Sebuah Perjuangan…!

Salam Cilangkahan Blog

GABUNG KE KOMUNITAS CILANGKAHAN

Cilangkahan Facebook Group

Cilangkahan Facebook Group


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s